MotoGP Harus Berubah Sekarang!

KOMPAS.com - CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, menginginkan sebuah perubahan yang besar di arena MotoGP. Dia berharap, perubahan tersebut memberikan dampak yang positif, sehingga penonton bisa lebih menikmati pertunjukkan kelas paling bergengsi itu.

Pada musim 2011 ini, hanya 17 motor yang berkompetisi di lintasan. Sebuah fakta yang sangat kontras dengan dua kelas yang lebih rendah, di mana untuk Moto2 ada 32 motor, begitu juga dengan kelas 125 cc yang diikuti lebih dari 30 motor di setiap balapan.

Ezpeleta yakin, tontonan yang ditawarkan MotoGP saat ini tidak terlalu menyenangkan. Karena itu, olahraga tersebut harus segera bereaksi sehingga tidak ditinggalkan para penggemar.

"Saya tidak suka dengan yang terjadi sekarang," ujar Ezpeleta kepada majalah Motosprint. "Saya tidak suka dengan MotoGP sekarang. Kami memiliki sejumlah seri di mana Honda sangat cepat, sedangkan yang lainnya lebih pelan, bahkan lainnya lebih buruk. Dengan hal tersebut maka hanya sedikit terjadi pertarungan, sehingga tontonannya tidak menarik.

"Ini bukan hanya masalah persaingan teknologi, tetapi juga olahraga dan entertainment. Saya tidak suka situasi ini, sehingga hal tersebut tidak akan berlangsung lebih lama."

Dorna memiliki salah satu solusi, yaitu sistem baru Claiming Rule Teams (CRT), yang akan memungkinkan elemen-elemen mesin produksi dimodifikasi, meskipun para pebalap seperti juara dunia Casey Stoner sudah memberikan ancaman akan keluar jika aturan itu memberikan dampak lanjutan pada produksi.

Ezpeleta menegaskan, sistem yang sekarang tidak berjalan dengan baik, karena hal tersebut justru membuat olahraga ini terlalu mahal.

"Sekarang jelas, bahwa cara motor dibangun tidak bekerja sama sekali," ujarnya. "Itu tidak sesuai dengan situasi ekonomi dunia. Jika kita bertahan dengan cara ini, ketika sejumlah tim tak punya dana untuk menyewa motor, maka pada 2013 kita hanya memiliki dua motor Honda di grid! Olahraga ini tidak seharusnya seperti ini.

"Saya sudah memutuskan tidak akan membantu lagi, dari sisi finansial, tim yang menyewa motor MotoGP. Dorna hanya akan membantu tim-tim yang menggunakan aturan CRT. Jika kami mendapatkan situasi di mana tiga konstruktor menempatkan total enam motor, kami akan memberikan dukungan dan bantuan secara finansial hanya kepada tim-tim CRT. Cara ini kami akan lakukan untuk mendapatkan 16 motor yang dibutuhkan."

Ezpeleta menambahkan, dia justru terkejut dengan tontonan yang terjadi di kelas Moto2. Ketika orang menganggap level ini lebih rendah dibandingkan dengan MotoGP, kelas tersebut justru menyajikan tontonan yang sangat menarik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi-Fungsi Tool-Tool pada Coreldraw

Merokok di Mobil Sebaiknya Dilarang

KPK Bidik Angelina Sondakh